GEMILANG PERPUSTAKAAN NASIONAL
GEMILANG PERPUSTAKAAN NASIONAL

By admin 08 Okt 2018, 14:25:32 WIBPerpustakaan

GEMILANG PERPUSTAKAAN NASIONAL

Keterangan Gambar : GEMILANG PERPUSTAKAAN NASIONAL


GEMILANG PERPUSTAKAAN NASIONAL JUARA 1 LOMBA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN TINGKAT NASIONAL

Sumatera Barat diwakili Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok berhasil keluar sebagai Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Tahun 2018. Atas keberhasilan ini, Perpustakaan Nagari Saok Laweh menerima Nugra Jasadarma Pustaloka yang merupakan Penghargaan Tertinggi Bidang Perpustakaan dari Kepala Perpustakaan Nasional.

Malam penganugrahan Nugra Jasadarma Pustaloka dikemas dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional 2018 di Jakarta. Selain berupa Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka, Perpustakaan Nagari Saok Laweh juga menerima hadiah dalam bentuk Uang sebesar Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah).

Sukses tersebut tidaklah dicapai dengan mudah. Karena, proses/ prosedur awalnya harus melalui tahapan penilaian di tingkat daerah (Sumbar) dan regional oleh Tim Penilai Tingkat Sumbar dan Pusat. Setelah lolos dari tahapan ini, kemudian Kepala Perpustakaan Nagari Saok Laweh Edwar Candra sebelum akhirnya berhasil meraih Nugra Jasadarma Pustaloka terlebih dahulu melakukan representasi secara bergantian di hadapan Tim Juri bersama ke-5 daerah pesaing lainnya di Indonesia, termasuk Papua.

Kelebihan pengelolaan Perpustakaan Nagari Saok Laweh, kita menerapkan Sistem Buku Bergilir Masuk Rumah. Keunggulan sistem ini adalah setiap orang didalam rumah (Bapak, Ibu dan 3 orang Anak) dapat membaca atau tersedia 24 judul buku selama setahun, nilai buku yang dibaca menjadi sangat murah, kurang lebih Rp. 2.300 per buku, pelaksanaannya sangat mudah dan sederhana, terbentuk pondasi literasi dalam keluarga terutama anak-anak usia dini, sistem ini dapat diterapkan di seluruh desa di Indonesia.

Keberhasilan tersebut tidak berdiri sendiri. Melainkan, berkat dukungan seluruh elemen masyarakat nagari di kampung dan rantau, campur tangan langsung dari Bupati-Wakil Bupati Solok H. Gusmal - Yulfadri Nurdin, Pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Yayasan Gemar Membaca Indonesia (YAGEMI), Anggota DPRD Kabupaten Solok M. Hidayat dan lainnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

admin

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Jelek Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  apakah tampilan websitenya

Komentar Terakhir

  • Harga Mobil Toyota Calya

    Informasi yang sangat menarik sekali dan bermanfaat. Setelah membaca artikel ini saya ...

    View Article
  • Laptop 2 Jutaan

    Dari sisi warna laptop ini menarik untuk dibeli apalagi oleh mereka yang anak muda ...

    View Article
  • Harga TV

    Dimanakah tempat membeli laptop yang warnanya biru diatas dan kira kira berapa ya ...

    View Article
  • harga hp samsung

    Mengingat katanya, ѕааt іnі bаnуаk уаng tеlаh menyahgunakan obat, sehingga ...

    View Article